,
Sabtu, 12 September 2020 - 04:57:13 WIB
Disbudpar Kembangkan Budaya Adat Dayak Peramasan Bawah
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita - Dibaca: 35 kali

Di Kabupaten Banjar tepatnya di Kecamatan Peramasan setiap tahunnya sewaktu musim panen akan dilaksanakan upacara adat loh sebagai wujud syukur masyarakat adat dayak atas panen yang melimpah, nah sobat wisata upacara adat tersebut berupa tarian babangsai yang terdiri dari para wanita dan pria dan tarian babalian untuk mengelilingi langgat yang sudah dihias serta diiringi musik gendang dan sarunai.

Sobat wisata tau nggak bahwa upacara adat dayak ini dilakukan tiga kali dalam setahun sebagai tanda syukur kepada tuhan karena tidak terkena penyakit dan tidak kurang satupun warga disana seperti meninggal dan lain sebagainya.

Nah sobat wisata kegiatan Babalai Adat ini sudah turun temurun dilakukan hingga sekarang yang bertujuan untuk meminta berkah kepada Tuhan Yang Maha Kuasa dan para leluhur agar terhindar dari musibah.
Jadi bagi para sobat wisata yang ingin datang dan melihat secara langsung keunikan adat istiadat Dayak di daerah Peramasan mereka siap menerima dengan tangan terbuka.

Selain keunikan budayanya di sana juga kita di sepanjang perjalanan akan disuguhi pemandangan alam yang masih sangat alami dan asri


0 Komentar :




Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

Copyright © 2012 Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kab Banjar. All rights reserved.Theme Design - CV.Rickomputer