,
Senin, 02 November 2015 - 12:26:22 WIB
Posko La Bastari Juarai Tari Klasik SeKalsel
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita - Dibaca: 70545 kali

MartapuraPembukaan Festival Tari Klasik Banjar, sabtu malam (31/11) mampu menyedot animo besar masyarakat Martapura dan sekitarnya. Terbukti dengan banyaknya warga yang memadati Halaman Kantor Disbudparpora Kab. Banjar, untuk menyaksikan festival tari tersebut. Festival tari ini diikuti oleh 13 sanggar tari seKalimantan Selatan yang merebutkan trofi bergilir serta uang pembinaan dari Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kab. Banjar.

 

Kepala Disbudparpora Kab. Banjar H Abdul Gani Fauzi mengatakan, selain sebagai ajang unjuk kebolehan para penari, festival ini bertujuan untuk meningkatkan kreatifitas, produktifitas dan kualitas seniman Kalimantan Selatan.


Memelihara dan mempertahankan nilai-nilai seni tradisi yang pernah tumbuh dan berkembang, terutama di lingkungan masyarakat, festival ini merupakan media promosi untuk memperkenalkan dan menyebarluaskan produk karya seni daerah, khususnya seni tari, tutur Fauzi.


Dijelaskan Fauzi, tari klasik merupakan tari yang tumbuh dan berkembang di lingkungan istana/ keraton pada zamannya yang terus bertahan hingga sekarang. Makna tari klasik itu sendiri bahwa sebuah tari yang mempunyai norma dan aturan-aturan yang tidak boleh dirubah karena ada pakem tersendiri, baik secara tampilan gerak, musik, pakaian serta waktu pergelaran.


Semoga dengan adanya kegiatan ini seni budaya yang ada di Kalimantan Selatan dapat terus terjaga kelestariannya, khususnya seni tari agar tetap terpelihara dan berkembang, sehingga selain dapat menciptakan tari kreasi baru juga bisa menunjang pemeliharaan dan pengembangan kebudayaan daerah di Kalimantan Selatan, harap Kepala Disbudparpora mengakhiri, sekaligus membuka secara resmi Festival Tari Klasik Banjar dengan pemukulan Djembe.


Festival tari klasik ini dijuarai oleh Sanggar Posko La Bastari dengan nilai 455, Juara II Sanggar Seni Galuh Banjar dengan nilai 440, Juara III Sanggar Kemilau Intan Martapura dengan nilai 435. Penata tari terbaik dimenangkan oleh Hayatun Nafisa dari Sanggar Posko La Bastari, Penata musuk terbaik dimenangkan oleh Maskuari dari sanggar Posko La Bastari, dan Penata Busana terbaik dimenangkan oleh Prigtina Priambodo dari sanggar Seni Galuh Banjar.



0 Komentar :




Isi Komentar :
Nama :
Website :
Komentar
 
 (Masukkan 6 kode diatas)

 

php shell hacklink php shell seo instagram takipçi satın al php shell ucuz takipçi satın al www.klassifilm.com 1xbet зеркало 1хбет зеркало promosyon Мелбет зеркало зеркало 1xbet sohbet https://www.skyturk.net/ casinomaxi https://cialis.blogsitesiyap.com/

Copyright © 2012 Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kab Banjar. All rights reserved.Theme Design - CV.Rickomputer