,
Kamis, 22 Agustus 2013 - 09:30:10 WIB
Batu Aji
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Produk Unggulan - Dibaca: 34642 kali

Batu aji adalah salah satu kerajinan yang terbuat dari batu pegunungan yang mempunyai corak menarik dan memiliki nilai seni.

Kerajinan Batu aji adalah merupakan salah satu industri andalan Kalimantan Selatan yang sudah ada sejak lama sekitar tahun 1970-an. Kerajinan ini diusahakan oleh perajin yang bermukim pada Kelurahan Keraton dan sekitarnya di Kecamatan Martapura, yang berjarak 40 KM dari Kota Banjarmasin ibukota Propinsi Kalimantan Selatan.

Tumbuhnya industri kerajinan batu aji ini tersebut dikarenakan pada waktu itu perajin batu permata mulai kesulitan mendapatkan bahan baku permata (intan dan berlian) serta harganya mahal. Sebagaimana kita ketahui kota Martapura terkenal pula dengan kerajinan batu permata dan penggosokan intan. Terdorong untuk mengatasi hal tersebut, beberapa pengrajin berinisiatif mengolah batu gunung yang mempunyai corak menarik untuk diolah menjadi barang kerajinan seperti bentuk tasbih, kalung, asbak, dan lain-lain yang bersifat cenderamata.

Lambat laun berkat aktifnya perajin berpromosi maupun dengan dukungan pemerintah, produksi dan pemasaran kerajinan batu aji tersebut semakin berkembang. Perkembangan kerajinan ini pula sejalan dengan perkembangan Kota Martapura yang merupakan kota wisata dan terkenal dengan produk batu permata.



0 Komentar :


Copyright © 2012 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar.