,
Senin, 13 Agustus 2018 - 13:11:33 WIB
Festival Rebana Lestarikan Budaya Islami
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita - Dibaca: 258 kali

MARTAPURA - Pukulan terbang riuh terdengar mengiringi alunan merdunya syair yang dibawakan oleh sejumlah kelompok Rebana dari Kabupaten Banjar. Mereka tampak demikian antusias dan berupaya memperlihatkan kemampuan. Festival Rebana yang diselenggarakan Oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar bertempat di Halaman Kantor Disbudpar Kabupaten Banjar, Senin (13/8/2018).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Haris Rifani, SH berharap, melalui festival ini semakin menguatkan keyakinan, ketaatan dan kesetiaan terhadap ajaran agama Islam sebagaimana yang diajarkan Nabi Muhammad SAW yang tergambar dalam untaian syair-syair yang dilantunkan.

Festival Rebana ini merupakan kesenian budaya islami yang wajib dilestarikan, dengan mengadakan Event Budaya Tahunan inilah kita berupaya untuk mempertahankan salah satu dari kesenian daerah kita agar tetap dikenal oleh masyarakat. Tidak hanya itu, “kita akan terus berupaya untuk mengembangkan dan mempertahankan budaya dan tradisi daerah kita miliki, sampai ke tingkat nasional untuk memperkenalkan salah satu kekayaan budaya yang kita miliki”, tutupnya Haris.

Setelah seluruh peserta tampil akhirnya ditentukanlah para juara Festival Rebana oleh dewan juri. Juara I (El-Hawa - Sungai Sipai), Juara II (Al Munawaroh - Sungai Alang), Juara III (Al Munawaroh 2 - Sungai Alang), Juara Favorit (El-Hawa - Sungai Sipai).

Selain mendapatkan trofi penghargaan, para Juara Festival Rebana ini pun mendapat uang pembinaan dari Disbudpar Kab Banjar, Hal ini sebagai bentuk apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Banjar, atas kerja sama dan dukungan masyarakat dalam melestarikan dan mempertahankan budaya khas Banjar yang bernafaskan Islam. 

 



0 Komentar :


Copyright © 2012 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar.