,
Rabu, 23 Mei 2018 - 12:11:44 WIB
30 Grup Ramaikan Festival Bedug di Kabupaten Banjar
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita - Dibaca: 435 kali

Martapura – Banyak cara dilakukan untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan dan menyambut Idul Fitri 1439 Hijriah. Seperti yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Banjar yaitu dengan menggelar Festival Bedug tingkat Kabupaten Banjar di halaman Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Banjar, Rabu (23/0/2018).

Kepala Disbudpar Kab. Banjar yang diwakili oleh Sekretaris Aidy Hikmatullah, S.STP, M.AP dalam sambutannya mengatakan bahwa festival bedug berlangsung selama dua hari untuk babak penyisihan, mulai tanggal 23 Mei hingga 24 Mei ini bertujuan untuk meningkatkan syiar Islam di tengah-tengah masyarakat.

Selain itu juga untuk menyemarakkan bulan suci Ramadhan dan menyambut Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

“Festival Bedug yang rutin dilaksanakan setiap tahun, pada bulan suci ramadhan ini diikuti sebanyak 30 Grup, nantinya 6 Grup terbaik akan masuk Grand Final yang akan dilaksankan pada Malam Hari Raya Idul Fitri 1439 H, bertempat di Alun-alun Ratu Zalecha Martapura,” ujarnya.

Sementara Bupati Banjar, H. Khalilurrahman mengatakan bahwa tujuan diadakannya Festival Bedug ini agar dapat mengangkat dan melestarikan budaya seni tradisional sekaligus sebagai media syiar bagi umat Islam di dalam menjalankan ibadah amaliah untuk meningkatkan nilai keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT.

“Ini merupakan ajang para generasi muda Islam saat ini dapat mengenal dan melestarikan seni budaya Islam. Dengan diadakannya festival ini mereka dapat merasa bangga dengan karya seni religi, serta dapat menumbuhkan perasaan senang terhadap budaya lokal yang sarat dengan nilai-nilai Islam”, ujarnya.

 

H. Khalilurrahman berharap, dengan kegiatan ini dapat menjadi motivasi bagi umat Islam terhadap pentingnya penghayatan nilai syiar Islam. Di samping itu, juga dapat meningkatkan nilai-nilai keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT untuk berbuat kebaikan dan meraih kemenangan setelah digembleng selama bulan ramadhan.



0 Komentar :


Copyright © 2012 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar.