,
Jumat, 23 Februari 2018 - 08:39:38 WIB
Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Gelar Sosialisasi Sadar Wisata
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita - Dibaca: 490 kali

Martapura - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar melalui Bidang Destinasi dan Pengembangan Obyek Pariwisata menggelar Sosialisasi Sadar Wisata Kepaada Masyarakat tahun 2018. Sosialisasi dibuka Sekretaris Disbudpar, Aidy Hikmatullah, S.STP, M.AP di Desa Tiwingan Baru, Kecamatan Aranio, Kamis (22/02).

Aidy dalam sambutanya menyampaikan “Desa Tiwingan Baru dan Desa tiwingan Lama adalah Desa unggulan yang akan diprioritaskan menjadi desa wisata dengan daerah pegunungan dan pulau - pulau yang menakjubkan mengelilingi Danau Riam Kanan, untuk mewujudkannya diperlukan kesiapan semua lapisan masyarakat, pemerintah dan stakeholder terkait lainnya” ujarnya.

Kita harus bisa membuat Kawasan pariwisata dikemas semenarik mungkin dan gencar dipromosikan baik itu melalui media luar ruang maupun melalui media sosial karena hal itu cukup efektif untuk menggoda wisatawan domestik dan wisman berkunjung ke kawasan wisata tersebut. Apabila cukup ramai dikunjungi wisatawan. Warga setempat juga dapat memanfaatkan kondisi itu dengan menjual kebutuhan wisatawan.

Selain itu, dari fungsi yang dimiliki yakni pengawasan, penganggaran dan legislasi ini diharapkan dapat mengetahui secara teknis bagaimana pelaksanaan program dari Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar ini dalam memberi informasi program-program kepada masyarakat. “Melalui kegiatan ini juga sekaligus menyerap aspirasi masyarakat untuk mengembangkan desa wisata ini,” sebutnya.

Narasumber Kegiatan Sosialisasi ini yaitu Kabid Destinasi dan Pengembangan Obyek Wisata. Kegiatan ini diikuti 40 orang peserta yang terdiri dari tokoh masyarakat dan Anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Tiwingan Baru dan Desa Belangian. 

Dalam Materinya selaku narasumber Faizal Riza Kasransyah, SE menyampaikan"Kreativitas kelompok sadar wisata dapat melahirkan produk pariwisata yang menarik. Fakta menunjukkan selama ini ada sejumlah desa bangkit dari usaha pariwisata kreatif”.

Faizal mengatakan peran warga desa dalam meningkatkan sektor pariwisata sangat besar. Pemberdayaan masyarakat desa melalui pengelolaan potensi desa akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Desa-desa yang indah akan membangkitkan sektor pariwisata. Tingkat kunjungan wisman dapat meningkat, dan memberi dampak positif pada masyarakat desa," ucapnya.

Kegiatan ini di akhiri dengan aksi bersih - bersih di sekitar obyek wisata Pulau Pinus yang menjadi tempat kegiatan ini dilaksanakan, sehingga semua elemen masyarakat dapat merasakan langsung untuk bersama menjaga obyek wisata yang ada di daerahnya dan membiasakan diri untuk peduli pada kebersihan lingkungan sekitar. 



0 Komentar :


Copyright © 2012 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar.