,
Selasa, 16 Januari 2018 - 07:44:24 WIB
Si Banban Juara Kontes Durian
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita - Dibaca: 573 kali

Gubernur Kalsel H. Sahbirin Noor didampingi Bupati Banjar H Khalilurrahman meresmikan Desa Bi’ih, Kecamatan Karang Intan, Kabupaten Banjar sebagai Kampung Agrowisata Durian. Peresmian yang diiringi dengan Kontes Durian se-Kabupaten Banjar tersebut dilaksanakan di Desa Bi’ih, Kamis (11/1).

Peresmian disaksikan juga sejumlah pejabat penting, diantaranya Kapolda Kalsel Brigjen Rachmat Mulyana, Kapolres Banjar AKBP Takdir Mattanete, Kajari Banjar Slmaet Siswanta, Dandim 1006 Martapura Letkol Goffar, Sekda Banjar Nasrun Syah, Kadis Tanaman Pangan dan Holtikultura Banjar M Fachry, Camat Karang Intan M Muis, Pembakal Bi’ih Abdul Malik dan ratusan warga.

“Kreativitas warga perlu terus dikembangkan, agar Desa Bi’ih menjadi kampung durian dan juga holtikultura lainnya. Ini nantinya akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan warganya. Saya juga berharap, wisata ini tidak hanya pada musim durian saja, akhir dan awal tahun saja. tetapi bagaimana supaya durian akan tetap ada dua tiga bulan. Tentu juga masalah kualitas harus tetap dikembangkan. Demikian juga pemasarannya perlu dimajukan,” ujar Paman Birin yang selalu berbagi rezeki dengan anak-anak ini dengan kuiz-kuiz ringan.

Sementara itu, Bupati Banjar H Khalilurrahman mengapresiasi atas upaya dan kerja keras jajaran Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Banjar dan juga aparat kecamatan dan desa, sehingga Desa Bi’ih sangat berkembang wisata duriannya. “Sejak saya kecil, Desa Bi’ih memang sangat terkenal menjadi penyedia durian yang enak dan manis. Semoga saja, dengan menjadi kampung wisata durian, desa ini semakin maju. Tinggal warga memanfaatkan potensi ini untuk berinovasi guna menambah penghasilannya,” harap Guru Khalil.

Dari Kontes Durian yang diikuti ratusan peserta dari berbagai desa penghasil durian, menjadi juara ialah Si Banban milik Samsi dari Desa Bi’ih, juara dua Si banteng milik Fauzi Rahman dari Desa Bi’ih, juara tiga Si Dodol milik Haipi dari Desa Balau, Kecamatan Karang Intan. Para juara mendapat hadiah dari Paman Birin maupun Pemkab Banjar. Total hadiah yang diperebutkan lebih dari Rp25 juta. (Humas Banjar)



0 Komentar :


Copyright © 2012 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar.