,
Selasa, 26 September 2017 - 14:45:28 WIB
Ribuan Santri Ramaikan Pawai 1 Muharram 1439 H di Martapura
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita - Dibaca: 107 kali

MARTAPURA - Pemerintah Kabupaten Banjar melaui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar mengadakan pawai Hijriah pada event tahunan 1 Muharram dihalaman pemerintah kabupaten Banjar, Kamis (21/9/2017) pagi. Pawai ini diikuti kurang lebih sebanyak6.190 santri didampingi ustadz dan ustadzah pun berkumpul di halaman kantor Pemerintahan Kabupaten Banjar Kalsel.

Adapun pawai dilaksanakan dengan rute dari halaman Pemkab Banjar, Putaran Mesjid Al Karomah, Taman CBS hingga finish di RTH Ratu Zalecha Martapura. Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Bupati Banjar, KH Khalilurrahman, Kapolres Banjar Kalsel diwakilkan Kabagrennya, Asisten, Staf Ahli, SKPD Pemkab Banjar beserta tamu undangan lainnya.

Bupati Banjar KH Khalilurrahman dalam sambutannya mengatakan, tahun baru hijriah sangat penting diperkenalkan kepada anak anak agar mereka tahu tentang semangat kebersamaan ummat islam dan mengenal tahun baru ummat islam, jangan sampei tahun baru masehi saja yang diperingati dengan meriah, namun seharusnya tahun baru hijriah lah yang diperingati ummat islam dengan semangat,”ujar guru Khalil sapaan akrab beliau. Event Muharram ini disambut sangat antusias oleh masyarakat Kabupaten Banjar, terbukti dengan enam ribu lebih santri ikuti semaraknya tahun baru islam 1439 H kali ini.

Mari kita menpaatkan momentum tahun baru islam dengan selalu meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT dan kecintaan kepada Baginda Rasullah SAW dengan menjalankan sunnahnya, agar Kabupaten Banjar lebih dikenal lagi sebagai kota serambi mekkah serta meningkatkan kunjungan wisatawan ke daerah kita, “tambahnya.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar Haris Rifani melaporkan bahwa, kegiatan ini dilaksanakan dengan program kerja tahunan, kegiatan pawai hijrah ini diikuti oleh peserta dari Unit TK/TPA Al Qur’an se-Kabupaten Banjar, peserta yang mendaptar 149 kafilah pawai, dengan jumlah peserta dan pendamping 6.190 orang.

Di sepanjang jalan, peserta juga menyanyikan lagu-lagu Islami, sholawat diiringi dengan pukulan musik terbang. Terlihat ribuan warga pun memadati sepanjang jalan A Yani di kawasan Pusat Kota Martapura menyaksikan pawai 1 Muharam. 

Adapun pemenang pawai hijriah pada event muharram tahun 2017 yaitu :

- Juara I ( Unit 161 Ar Raudhah - Mataraman )

- Juara II ( Unit 011 Al Muslimin - Martapura Kota )

- Juara III ( Unit 045 At Taqwa - Mataraman )

- Juara Harapan I ( Hidayatul Munawir - Martapura Kota )

- Juara Harapan II ( Unit 324 Ar Raudhah - Martapura Kota )

- Juara Harapan III ( Unit 318 Al Hikmah - Simpang Empat )

- Juara Favorit ( Unit 169 Manbaul Qur’an - Mataraman )

- Juara Pelestari ( Unit 311 An Nur - Martapura Timur )

- Juara Terunik ( Unit 273 Subulus Salam - Sungai Tabuk )

- Juara Busana Terbaik ( Unit 200 Al Irsyad - Martapura Kota ) 



0 Komentar :


Copyright © 2012 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar.