,
Kamis, 31 Agustus 2017 - 09:32:01 WIB
Disbudpar Kab. Banjar Raih Harapan II di Festival Budaya Pasar Terapung 2017
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita - Dibaca: 141 kali

Martapura - Kabupaten Banjar tak ketinggalan ikut serta memeriahkan Festival Budaya Pasar Terapung 2017 dalam rangka hari jadi ke - 67 Kalimantan Selatan yang dilaksanakan dari tanggal 25 - 30 Agustus 2017 bertempat di Kantor Gubernur Kalimantan Selatan (Tugu 0 Km) Siring Banjarmasin.

Selama lima hari penyelenggaraan festival yang kesembilan kalinya, dipentaskan berbagai kegiatan seni dan budaya daerah Kalsel, termasuk juga parade dan jukung hias di Sungai Martapura.

Selain menjadi agenda tetap pemerintah provinsi, festival budaya pasar terapung ini juga sudah menjadi agenda tahunan yang masuk kalender wisata Kementerian Pariwisata. Mengingat, potensinya sangat besar dalam menyumbang kedatangan wisatawan.

Karena itu, promosi dan publikasi tidak hanya skala nasional namun juga bisa dilihat wisatawan di luar negeri melalui website tentang festival ini.

Festival tahunan ini bertujuan untuk mengembangkan industri pariwisata daerah. Industri pariwisata diharapkan mampu menjadi penopang perekonomian daerah di tengah terpuruknya industri pertambangan di Kalsel.

Selain itu, even ini menjadi bentuk dukungan terhadap target pemerintah yang mamatok 20 juta kunjungan wisatawan mancanegara dan 275 juta wisatawan domestik. Bercermin dari penyelenggaraan tahun-tahun sebelumnya festival budaya pasar terapung mendapat antusias masyarakat baik dari dalam maupun wisatawan luar negeri.

Kabupaten Banjar mengikuti sejumlah kategori yaitu Stand Kampung Banjar, Kuliner Khas, dan Pawai Budaya. Dalam ajang tersebut Kabupaten Banjar yang diwakili Dinas Kebudayaan dan Pariwisata mampu meraih posisi harapan II kategori Kampung Banjar. Festival kuliner khas Banjar dalam stand Kampung Banjar ini Dinas Kebudayaan dan Pariwisata menyajikan berbagai makanan dan kue khas banjar dan beberapa diantaranya sudah langka. Ada Katupat Batumis, Katupat Mie dan Gangan Gadang Pisang serta beberapa jenis kue (wadai) khas Banjar.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Haris Rifani mengatakan, “meski hanya mampu meraih harapan II di kategori Kampung Banjar ini sudah cukup memuaskan, yang penting ikut serta memeriahkan hari jadi Provinsi Kalimantan Selatan ke - 67 serta bisa mempromosikan Obyek Wisata, Kuliner dan memperkenalkan kesenian Kabupaten Banjar” tutupnya. 



0 Komentar :


Copyright © 2012 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar.