,
Rabu, 16 Agustus 2017 - 14:06:49 WIB
Karya Baru Juarai Festival Sinoman Haderah se Kabupaten Banjar
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita - Dibaca: 183 kali

Martapura – Rabu (16/08) pagi Festival Sinoman Haderah diselengarakan bertempat di Halaman Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar, Festival  Sinoman Haderah merupakan sarana dalam mengangkat dan mengembangkan kesenian khas Banjar yang bernafaskan Islam terus digulirkan, diantaranya adalah dengan terus melakukan pembinaan serta menggelar berbagai lomba terhadap kesenian khas Banjar tersebut, Festival Sinoman Haderah ini langsung dihadiri oleh Bupati Banjar H. Khalilurrahman beserta istri.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Haris Rifani berharap, agar kiranya, sinoman haderah ini dapat terus dilestarikan karena merupakan ciri khas budaya banjar yang bernafaskan Islam. "Lomba ini sebagai upaya pelestarian budaya banjar akan kekayaan budayanya. Karena ruh kebesaran sebuah bangsa adalah tetap lestarinya kearifan budaya dan adat istiadat," terangnya. Diterangkannya juga Ini adalah kegiatan rutin setiap tahun. 

Sementara itu keluar sebagai juara I pada Festival Sinoman Haderah tersebut adalah grup sinoman hadrah ( Karya Baru ), juara II diraih oleh grup ( Surya Baru ), juara III diraih oleh grup ( Al Fata ), Harapan I Grup ( An Nida ), Harapan II Grup ( Al Bab ),  harapan III Grup ( Al Ikhlas ) dan Juara Harapan IV ( Qurratul Uyyun ).

Dalam kesempatan tersebut panitia juga memberikan hadiah kepada Juara Favorit ( An Nur ), Pemayung Terbaik grup ( Satu Hati ), Juara Penyair Terbaik ( An Nida ).

Para pemenang lomba mendapatkan hadiah berupa piala bergilir dan mendapatkan trofi penghargaan, para Juara Festival Sinoman Haderah ini pun mendapat uang pembinaan dari Disbudpar Kab Banjar, Hal ini sebagai bentuk apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Banjar, atas kerja sama dan dukungan masyarakat dalam melestarikan dan mempertahankan budaya khas Banjar yang bernafaskan Islam. 



0 Komentar :


Copyright © 2012 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar.