,
Jumat, 11 Agustus 2017 - 09:35:46 WIB
Lomba Bakisah Mempertahankan Tradisi Asli Daerah
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita - Dibaca: 344 kali

Martapura - Lomba bakisah (cerita) dalam Bahasa Banjar se-Kabupaten Banjar digelar Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar untuk melestarikan Bahasa Banjar diikuti 50 peserta dari tiga kategori yaitu SD/SMP/SMA di Halaman Kantor Disbudpar Kabupaten Banjar, Kamis, (10/08/2017). Lomba Bakisah merupakan rangkaian dari Event Budaya Tahunan yang terdiri dari Lomba Bakisah, Lomba Bapantun, Festival Rudat serta Festival Rebana.

Menurut Kabid Kebudayaan Disbudpar Kabupaten Banjar Aidy Hikmatullahlomba bakisah bahasa Banjar rutin dilaksanakan setiap tahun agar dapat menumbuhkan minat baca dan rasa nasionalisme serta budaya lokal. ''Bakisah merupakan salah satu cara kita mempertahankan tradisi asli dari daerah kita,'' ungkap Aidy.

Salah satu juri Abdurrahman menjelaskan beberapa kriteria penilaian di dalam lomba diantaranya teknik bercerita, penguasaan materi, penampilan dan kemampuan (skill) dalam bercerita.

Teknik bercerita akan dilihat dari kemampuan peserta dari volume, artikulasi, diksi, tempo dan penguasaan panggung, penguasaan materi akan dilihat dari kemampuan peserta menguasai isi dan menghayatinya.

''Selanjutnya untuk kemampuan (skill) peserta lomba dapat memperlihatkan bakat dalam memberikan inovasi yang baru sehingga cerita lebih menarik tanpa mengubah isi dari cerita,'' jelas Abdurrahman.

Acara berlangsung seru dan menegangkan karena semua peserta menampilkan sajian yang menarik. Para pemenang lomba bakisah langsung diumumkan oleh dewan juri setelah seluruh peserta menyelesaikan penampilan.

Juara untuk Kategori Tingkat SD/Sederajat yaitu Juara I (Ahmad Syahdianor), Juara II (M. Afno Azizi), Juara III (Fadhila Zahra) dan Juara Favorit (Ahmad Syahdianor).

Juara untuk Kategori Tingkat SMP/Sederajat yaitu Juara I (Yudita Apriadi Putra), Juara II (Nasa Tahmida), Juara III (Muhammad Sayuti) dan Juara Favorit (Yudita Apriadi).

Juara untuk Kategori tingkat SMA/Sederajat yaitu Juara I (Widya Apriliani), Juara II (Sofia), Juara III (Muhammad Maulana) dan Juara Favorit (Sofia).

Selain mendapatkan trofi penghargaan dan Piagam, para Juara ini pun mendapat uang pembinaan dari Disbudpar Kab Banjar, Hal ini sebagai bentuk apresiasi dari Pemerintah Kabupaten Banjar, atas kerja sama dan dukungan masyarakat dalam melestarikan dan mempertahankan budaya serta tradisi khas Banjar. 



0 Komentar :


Copyright © 2012 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar.