,
Kamis, 18 Mei 2017 - 09:01:18 WIB
Disbudpar Lestarikan Kesenian Rudat
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita - Dibaca: 428 kali

Martapura - Pemerintah Kabupaten Banjar, terus berupaya melestarikan kesenian rudat agar tidak tergerus dan hilang di era kemajuan saat ini. Kegiatan Wokshop Rudat dilaksanakan selama 2 hari dari tanggal 16 - 17 Mei, bertempat di aula Kantor Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar.

"Kesenian rudat merupakan salah satu budaya asli masyarakat Kalsel khususnya Kabupaten Banjar sehingga kami terus berupaya agar tetap eksis di tengah era globalisasi," ujar Haris Rifani.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Haris Rifani, pihaknya mengundang puluhan siswa mulai tingkat SMP hingga SMA pada workshop itu.

Selain perwakilan siswa dari berbagai sekolah, masyarakat umum termasuk pegiat seni di Martapura juga diundang sehingga bisa menyatukan pemikiran untuk terus melestarikan rudat itu.

"Kami ingin siswa mengetahui apa dan bagaimana kesenian rudat sehingga bisa ikut bersama-sama melestarikan seni dan budaya daerah sebagai khasanah budaya yang harus dipertahankan," ujarnya.

Dijelaskan, seni rudat berisi tarian sejumlah orang diiringi bunyi tabuhan rebana atau tarbang sambil melantunkan syair-syair kalam Ilahi sehingga membuat suasana menyejukkan.

Dikatakan, awalnya rudat berfungsi sebagai syiar agama Islam dari ulama dan santri kepada masyarakat, kemudian berkembang menjadi sarana menyambut tamu serta hiburan. 

Diakhir kegiatan wokshop yang dilaksanakan selama 2 hari tiap kelompok menampilkan hasil pelatihan yang didapat kepada seluruh pegawai Disbudpar kemudian acara ditutup langsung oleh Kabid Kebudayaan Aidy Hikmatullah sebagai Ketua Pelaksana Kegiatan Workshop.


0 Komentar :


Copyright © 2012 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar.