,
Rabu, 05 April 2017 - 11:01:43 WIB
Disbudpar Berpartisipasi pada Haul Guru Sekumpul Ke 12
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita - Dibaca: 1052 kali

Martapura - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar turut berpartisipasi dalam Haul Guru Sekumpul Ke 12 untuk membantu kelancaran haul sekaligus mempromosikan wisata yang ada di Kabupaten Banjar Khususnya Wisata Religi kepada para jama’ah yang hadir.

Menurut Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar Haris Rifani, SH Haul Guru Sekumpul Ke 12 ini merupakan kesempatan yang sangat bagus untuk mempromosikan wisata yang ada di Kabupaten Banjar, dikarenakan jumlah jama’ah yang hadir diperkirakan ± 1,2 juta jama’ah yang hadir baik wisatawan Nusantara maupun Mancanegara.

“Selain mempromosikan wisata kami juga membagikan air mineral dan juga makanan, semua kebutuhan haul ini ada dari warga, jamaah serta dari donatur,” tutupnya 

Haul Guru Sekumpul Ke 12, Minggu (02/04/2017) Sekumpul benar-benar dipenuhi oleh jama’ah tak ubahnya seperti lautan manusia. Tidak ada gang yang kosong semuanya terisi oleh hamparan shaf-shaf para jama’ah. Alimul `allamah Al `Arif Billah Asy-Syekh H. Muhammad Zaini Bin Abdul Ghani jadi telah "pergi" sejak dua belas tahun silam tetapi Guru Sekumpul tetap hadir di hati umat muslim.

Sejak hari jum’at suasana di Sekumpul sudah ramai dengan para jama’ah yang mulai berdatangan. Dan pada minggu pagi sekumpul sudah disesaki jama’ah yang telah datang dari berbagai daerah, Para Habaib pun terlihat hadir mengisi shaf terdepan di Mushola Ar Raudah.

Para jama’ah seolah tidak ingin kehilangan momen untuk bisa menyaksikan dari dekat jalannya Haul Ulama Kharismatik tersebut. Jemaah pun, semakin membeludak ketika memasuki waktu Zuhur dan terus semakin padat selepas salat Ashar.

Selepas salat Magrib, acara diawali dengan pembacaan ayat suci Al Qur'an oleh H Abdul Khalik salah satu guru di Pondok Pesantren Darussalam.Acara pun, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan Maulid Habsy. Kerinduan para jemaah terhadap sosok Alimul `allamahAl `Arif Billah Asy-Syekh H. Muhammad Zaini Abdul Ghani terobati dengan kehadiran dua putra mendiang almarhum Guru Sekumpul memimpin pembacaaan syair Maulid Habsy. 

Seperti biasa, Amin Badali membacakan syair-syair Maulid Habsy yang berisi puji-pujian kepada Nabi Muhamad SAW yang ikuti iringan pukulan alat musik terbang oleh adiknya Ahmad Hafi Badali. Suasana khimad pun kian terasa dan membuat banyak jemaah yang hanyut dan teringat dengan mendiang guru Sekumpul.

Zikir dan Tahlil pun terus menggema di seputar Mushola Ar Raudhah kian membuat suasana begitu terasa khikmad. Jemaah yang hanyut dalam suasana khusuk mengikuti zikir yang dipimpin Guru Sya'adudin Salman. Acara di tutup dengan pembacaan surah Yasin, Tahlil, pembacaan doa haul serta terakhir sholat Isya Berjamaah. 



0 Komentar :


Copyright © 2012 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar.