,
Rabu, 30 November 2016 - 14:39:01 WIB
1000 Jukung Meriahkan Pesona Banjar Festival 2016
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita - Dibaca: 1919 kali

Pesona Banjar Festival, merupakan agenda tahunan yang sudah dilaksanakan dari tahun 2015. Acara yang juga biasa disebut festival pasar terapung ini termasuk dalam agenda acara festival nasional.

Tahun 2016 ini, Pesona Banjar Festival dilaksanakan Pemerintah Kabupaten Banjar di dermaga bawah Jembatan Desa Sungai Pinang, Kecamatan Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar, Sabtu pagi (26/11). Para pengunjung dan wisatawan bisa menempuhnya melalui jalur darat atau air menggunakan kelotok atau kapal kecil yang berada di sungai/dermaga di Kota Banjarmasin.

Agenda Pesona Banjar Festival terdiri dari Tanglong Jukung Hias, Festival Kontes Jukung Hias Tradisional dan Balap Jukung Tradisional. Usai Sholat Shubuh para peserta Tanglong Jukung Hias menampilkan kreativitasnya dengan menunjukkan kerapian menghias dan teknik pencahayaan lampu/obor/lentera perahu atau jukungnya. 

Menjelang pagi sesudah pukul 06.00 WITA, ratusan perahu peserta Kontes Jukung Hias berkumpul di dermaga bawah jembatan. Mereka adalah ibu – ibu pedagang yang setiap harinya berjualan di Pasar Terapung Lok Baintan. Jukung mereka diisi dan dihiasi dengan dagangan berupa hasil kebun yang ditata sedemikian rupa. Ditambah kerapian pakaian mereka —memakai sarung dan baju/kebaya, pupur dingin, salungkui tapih—dan tanggui (penutup kepala) nan cantik.

Dari sinilah, panitia lomba nanti memutuskan siapa pedagang yang memiliki keunikan, kelengkapan jualan, kerapian pakaian dan keramah-tamahan dalam melayani pembeli sesuai Sapta Pesona.

Bupati Banjar H. Khalilurrahman beserta istri, Hj. Raudatul Wardiyah, dan Wakil Bupati Banjar H. Saidi Mansyur beserta istri, Nur Gita Tiyas, S.Pd, beserta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Kabupaten Banjar pun turut menghadiri festival tahunan yang meriah ini.

“Terima kasih saya sampaikan kepada seluruh peserta Pesona Banjar Festival, atas partisipasi dan dukungannya sehingga kegiatan ini terlaksana dengan meriah,” ucap Bupati Banjar dalam sambutannya.

“Mari kita sama – sama, bangun potensi wisata daerah kita, sehingga memiliki nilai tambah bagi daerah dan masyarakat , serta dapat menjadi salah satu solusi dalam membuka lapangan kerja dan meningkatkan ekonomi masyarakat,” harapnya..

Kemudian, Wakil Bupati Banjar menambahkan, kegiatan promosi dan sosialisasi Pesona Banjar Festival perlu terus dilakukan sehingga dapat mendukung upaya pemerintah daerah dalam mewujudkan Kabupaten Banjar sebagai destinasi wisata nasional.

“Sudah barang tentu, pemerintah daerah akan selalu memfasilitasi dan mengembangkan inovasi dan kreativitas masyarakat sehingga Pesona Banjar Festival mampu tampil lebih menarik lagi dengan tetap menonjolkan ciri khas budaya dan kearifan budaya lokal,” pungkasnya. (ar) 



0 Komentar :


Copyright © 2012 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar.