,
Kamis, 08 Januari 2015 - 13:19:45 WIB
Petah
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Wisata Kuliner - Dibaca: 244141 kali

Kue yang satu ini, disajikan saat Lebaran selain ketupat dan lauk-pauknya. Kue yang dikukus ini dimakan dengan kuah santan kental yang gurih.

Kue petah disebut juga dengan petah Asia. Warnanya yang hijau selalu disajikan saat lebaran di Martapura, Kalimantan Selatan. Bahan untuk membuat kue ini mudah didapat, seperti tepung beras, air pandan dan daun suji, kapur sirih, serta garam.

Semua adonan dicampur dan didihkan sambil diaduk hingga kental. Setelah itu adonan bisa dituang pada loyang yang sudah diolesi minyak dan kukus hingga matang. Rasanya yang gurih lezat ini dipotong-potong tipis bentuk wajik.

Tidak lengkap rasanya jika dimakan tanpa disiram sausnya. Sausnya disebut 'tahi lala' atau santan kental. Untuk membuat kuahnya juga sangat mudah. Rebus santan kental bersama bersama garam hingga berminyak. Jika ingin disiram diatas kue petah yang matang baru taburi bubuk merica dan bawang goreng.

Kue talam khas Kalimantan Selatan ini, biasa dijumpai setiap hari bisa dibeli di pasar wadai atau pasar jajan pasar dan kue di Martapura. Rasanya yang gurih lembut sangat cocok buat sajian berbuka atau menjamu tamu.


0 Komentar :


Copyright © 2012 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar.