,
Senin, 05 Januari 2015 - 07:56:41 WIB
Panorama Bukit Batas
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Wisata Alam - Dibaca: 74264 kali

Obyek wisata di Bukit Batas Desa Tiwingan Baru Kecamatan Aranio, lokasi ditempuh dengan menaiki perahu mesin (Klotok) 30 menit dari Dermaga/Pelabuhan Aranio sampai di Kaki Bukit Batas, Kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki dari Kaki Bukit Batas sampai ke Puncak Bukit Batas 60 menit (PP 120 menit).

Bukit Batas merupakan bagian dari Desa Tiwingan Baru Kecamatan Aranio Kabupaten Banjar Kalimantan Selatan. Sering disebut juga Bendungan/danau Riam Kanan. merupakan obyek wisata yang menarik bagi para Pencinta Alam atau Wisatawan petualang karena puncak gunung dapat dilalui dengan perjalanan (PP 120 menit). Dipuncak gunungnya dapat melihat pulau-pulau kecil yang ada dalam Waduk Riam Kanan dengan terpaan angin Sepoi-sepoi.

Dari Martapura berjarak tempuh sekitar 30 km. Bagi yang tinggal di Martapura dan sekitarnya kemungkinan tidak sulit dan bingung untuk menuju kesana. Karena bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai pelabuhannya.

Bagi yang diluar daerah kalau ingin kesana bisa carter kendaraan atau naik taksi (di Kalsel baik angkot, angdes dan semua angkutan umum disebutnya “taksi”).

Sesampainya dipelabuhan carter klotok/kapal motor menuju Bukit Batas sekitar Rp. 400.000, harga tersebut memang sudah kesepakatan bersama komunitas pemilik klotok disana karna setiap pemilik harus membayar berbagai kontribusi juga. Mereka mempunyai aturan main, baik antrian klotok yang diundi maupun berapa banyak setiap klotok bisa beroperasi setiap harinya.

Kalau anda rombongan ongkosnya bisa dibagi bersama tapi kalo sendirian kamu bisa minta dengan supir klotok untuk digabungkan dg rombongan yang mau kesana juga jadi menghemat ongkos. Kamu bisa menghubungi pemilik klotok beberapa hari sebelumnya atau langsung carter ditempat.

Kalau ingin menginap di Bukit Batas kamu bisa berangkat dari siang hari biasanya di akhir pekan dipenuhi wisatawan yang menginap di puncak untuk menikmati sunset dan sunrise untuk lebih mudah bisa menggunakan jasa travel outdoor, tetapi kalau tidak menginap berangkatlah pagi hari sekali dari martapura agar tidak terlalu panas ketika mendaki.

Dari Pelabuhan Aranio klotok akan membawa kamu membelah Danau yang indah menuju Desa Tiwingan baru, sampai di pelabuhan Pulau Pinus naik dan nikmati dulu pohon-pohon pinus.

Kemudian menyeberangi jembatan, berjalan menuju rumah ketua RT untuk lapor dan bayar karcis Rp. 5.000. Perjalanan menuju Puncak cuma sekitar 3 km, tetapi karena menanjak itu yang membuatnya terasa jauh.

Kalau tidak kuat jalan kaki, bisa naik ojek keatas (harga nego), atau pencinta sepeda yang suka tantangan silakan bawa sepedamu kemari.

Sekarang kita mulai naik keatas, jangan lupa bawa air putih mineral untuk mengurangi dehidrasimu. Istirahatlah ketika mulai kelelahan, berlindung dibawah pohon atau duduk sejenak di warung-warung yang tidak ada penjualnya sambil meluruskan kaki, nikmati setiap langkahmu maka tidak akan terlalu terasa jauh.

Sampai Puncak Bukit Batas, nikmati, kagumi dan poto sepuasnya tapi jangan kotori dengan sampah-sampahmu. Jaga keindahan alam Indonesia tercinta yang sangat berlimpah dan dikaruniai anugerah oleh sang pencipta. 



0 Komentar :


Copyright © 2012 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar.