,
Rabu, 20 November 2013 - 11:53:39 WIB
Festival Tari Klasik Dalam Rangka Milad Ke 509 Kesultanan Banjar
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Berita - Dibaca: 13432 kali

Dalam rangka memeriahkan Milad ke-509 Kesultanan Banjar, beragam lomba kesenian rakyat tempo dulu akan digelar. Salah satunya lomba Tari Klasik 2013 memperebutkan Trophy Banjarmasin Post Group.


Menurut Koordinator Lomba Tari Klasik Kesultanan Banjar, Drs H Fauzi Ghani. MPd bahwa even ini sudah yang ke 3 kalinya diselenggarakan. Sampai saat ini lebih dari 10 grup tari yang telah mendaftarkan diri, ada dari Banjarmasin, Marabahan, Banjarbaru, dan Hulu Sungai. Technical Meeting diadakan tanggal 7 November 2013.


Ia menambahkan, selain trophy Banjarmasin Post Group, panitia menyiapkan hadiah berupa uang pembinaan yang cukup menggiurkan, untuk Juara I berhak membawa pulang uang pembinaan sebesar 8,5 juta rupiah, Juara II 7 juta rupiah, juara III 6 juta rupiah, Juara harapan I 4 juta rupiah, Harapan II 3 juta rupiah, Harapan III 2,5 juta rupiah, Juara Favorit 2,5 juta rupiah. Tidak hanya penari, Penata Musik Terbaik pun akan mendapat uang pembinaan sebesar 3 juta rupiah, Penata Tari Terbaik 3 juta dan Penata Busana Terbaik akan menerima hadiah 3 juta rupiah.


Penilaian lomba oleh juri yang berkompeten yaitu dari Taman Budaya Kalimantan Selatan, Datuk Kesultanan Banjar, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banjar dan Tokoh Tari Klasik Kabupaten Banjar.


Menurut H Fauzi, satu hal yang perlu diingat oleh peserta adalah garapan tari berpijak pada nilai-nilai estetika, menceritakan kehidupan masyarakat pada masa kerajaan Banjar bahari dan harus diiringi oleh musik hidup atau bukan rekaman.


“Saya yakin, animo masyarakat pada umumnya dan peserta lomba khususnya akan sangat tinggi. Generasi muda tari saat ini semakin banyak karena didukung oleh anak-anak mahasiswa yang kuliah dibeberapa perguruan tinggi seperti STIKIP PGRI dan Unlam, sehingga sekarangpun di sekolah-sekolah sudah mulai diterapkan pelajaran tari untuk muatan lokal”, ungkap Fauzi Ghani.



0 Komentar :


Copyright © 2012 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar.