,
Senin, 21 Januari 2013 - 08:21:38 WIB
Central Permata Cahaya Bumi Selamat Martapura
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Wisata Belanja - Dibaca: 69678 kali

Martapura selain dikenal sebagai Kota Serambi Mekkah, juga dikenal sebagai Kota Intan ( Diamond City ) dengan berbagai jenis permata dan beragam produk kerajinan daerah yang tersedia di sentral permata Pertokoan Cahaya Bumi Selamat ( CBS ).

Martapura Kota Intan ( Diamond City )  dengan Pertokoan CBS yang terletak di jantung Kota Martapura merupakan icon nya Kalimantan Selatan. Pertokoan CBS sebagai pusat penjualan berbagai jenis batu permata / batu mulia dan beragam produk unggulan yang menawan. Batu permata yang ditawarkan dengan berbagai tingkatan harga, dari harga puluhan ribu hingga milyaran rupiah. Setiap hari tidak pernah sepi dari wisatawan baik dalam  maupun luar negeri atau manca negara untuk melihat maupun membeli batu permata.

Batu permata ini diolah menjadi berbagai bentuk seperti gelang, liontin, cincin, bros, anting dan lain-lain. Pengolahan batu-batu permata ini banyak  dilakukan oleh para pengrajin permata yang ada di Martapura.

Di kota Martapura juga terdapat tempat penggosokan intan modern yaitu Penggosokan Permata Milik koperasi Bank Indonesia dan Lembaga Pengembangan Sertifikasi Batu Mulia milik Pemerintah Kabupaten Banjar.


 Pertokoan permata tersebut berada satu lokasi dengan Taman CBS Martapura dan berdampingan dengan Ruang Terbuka Hijau (RTH) / Alun-alun Ratu Zalecha Martapura persisnya, didepan Perkantoran Pemerintah Kabupaten Banjar yang sangat dekat dengan jalan raya, bangunannya yang tertata rapi, pilar / tugu taman dengan simbol-simbol  ayat-ayat Al Qur’an yang mencirikan masyarakat Kabupaten Banjar yang religius sehingga membuat lokasi ini tampak eksklusif. Bersih, indah, tertib, aman dan nyaman ( Berintan ).

Selain menjual berbagai jenis batu permata, juga terpampang pernak-pernik khas Kalimantan, seperti mandau, air guci, orang-orangan dayak dan perahunya yang terbuat dari getah kayu dan souvenir lainnya.

Bagi Anda yang berwisata ke Kalimantan Selatan belum lengkap jika Anda belum mengunjungi Central Permata CBS Martapura. Silakan Anda membeli permata atau souvenir lainnya atau sekedar melihat-lihat proses penggosokan intan tradisional dan modern maupun untuk menguji keaslian batu permata di Lembaga Pengembangan dan Sertifikasi Batu Mulia (LPSB) Martapura yang satu-satunya ada di Indonesia.

PROFIL LOKASI

Jarak Tempuh                     :  ± 100 M dari Mahligai Sultan Adam Martapura.

Waktu Tempuh                    :  2 – 5 menit

Sarana dan Prasarana          :  Lewat Darat : Angkutan Perdesaan,

                                              Ojek dan kendaraan pribadi

Koordinat Lokasi                  :  Zone 50S, X : 260963 mT ,  Y : 9622977 mS

    

 



    0 Komentar :


    Copyright © 2012 Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Banjar.